BEBERAPA KATA KERJA OPERASIONAL (KKO) YANG HARUS DIPAHAMI OLEH
GURU/PENDIDIK DALAM MENYUSUN INDIKATOR PEMBELAJARAN
Tabel 1: Tingkat Kompetensi Kata Kerja Operasional
No
|
Klasifikasi
Tingkat Kompetensi
|
Kaka Kerja
Operasional yang digunakan
|
1
|
Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval)
|
1. Mendeskripsikan (describe)
2. Menyebutkan kembali (recall)
3. Melengkapi (complete)
4. Mendaftar (list)
5. Mendefinisikan (define)
6. Menghitung (count)
7. Mengidentifikasi (identify)
8. Menceritakan (recite)
9. Menamai (name)
|
2
|
Memproses (processing)
|
1. Mensintesis (synthesize)
2. Mengelompokkan (group)
3. Menjelaskan (explain)
4. Mengorganisasikan (organize)
5. Meneliti/melakukan eksperimen (experiment)
6. Menganalogikan (make analogies)
7. Mengurutkan (squence)
8. Mengkategorikan (categorize)
9. Menganalisis (analyze)
10. Membandingkan (compare)
11. Mengkalisifikasi (classify)
12. Menghubungkan (relate)
13. Membedakan (distinguish)
|
3
|
Menerapkan dan mengevaluasi (implementation
and evaluation)
|
1. Menerapkan
suatu prinsip (applying a principle)
2.
Membuat model (model building)
3.
Mengevaluasi
(evaluating)
4.
Merencanakan
(planning)
5.
Memperhitungkan/meramalkan
kemungkinan (extrapolating)
6.
Memprediksi
(predicting)
7. Menduga/mengemukakan
pendapat/mengambil kesimpulan (inferring)
8. Meramalkan
kejadian alam/sesuatu (forecasting)
9. Menggeneralisasikan
(generalizing)
10. Mempertimbangkan/memikirkan
kemungkinan-kemungkinan (speculating)
11. Membayangkan/menkhayalkan/mengimajinasikan)
12. Merancang (designing)
13. Menciptakan (creating)
14. Menduga/membuat dugaan/kesimpulan awal
|
Tabel 2: KKO RANAH KOGNITIF,by B.Bloom, dkk:1956
Pengetahuan
(C.1)
|
Pemahaman
(C.2)
|
Penerapan
(C.3)
|
Analisis
(C.4)
|
Sintesis
(C.5)
|
Evaluasi
(C.6)
|
Mengutip;
Menyebutkan;
Menjelaskan; Menggambar; Mengidentifikasi;
Membilang;
Mendaftar;
Menunjukkan; Memberi indeks;
Memberi label;
Menamai;
Memasangkan;
Menandai;
Menamai;
Membaca;
Menyadari;
Menghafal;
Meniru;
Mereproduksi;
Mengulang;
Mencatat;
Meninjau;
Memilih;
Menyatakan;
Mempelajari;
Mentabulasi;
Memberi kode; Menelusuri;
Menulis.
|
Memperkirakan;
Menjelaskan;
Mengkategorikan;
Mencirikan;
Mengasosiasikan
Membandingkan;
Menghitung;
Mengkontraskan;
Mengubah;
Mempertahankan;
Menjalin;
Mengonstruksikan;
Menguraikan;
Membedakan;
Mendiskusikan;
Menggali;
Merangkum;
Mencontohkan;
Mempolakan
Menerangkan;
Mengemukakan;
Menyimpulkan;
Memperluas;
Menjabarkan.
|
Menugaskan;
Mengurutkan;
Menentukan;
Menerapkan;
Menyesuaikan;
Mengkalkulasi;
Memodifikasi;
Menghitung;
Membangun;
Menyusun;
Mengklasifikasi;
Membiasakan;
Mencegah;
Menentukan;
Menggunakan;
Menggambarkan
Menilai;
Melatih;
Mengemukakan; Mengoperasikan;
Mengkonsepkan
Menggali; Mengadaptasi; Menyelidiki; Mempersoalkan;
Mengoperasikan
Melaksanakan;
Memproses; Mengaitkan; Memecahkan;
Mensimulasikan
Melakukan;
Mentabulasi;
Meramalkan.
|
Menganalisis;
Mengaudit; Memecahkan; Menegaskan; Mendiagnosis;
Mendeteksi;
Menyeleksi; Merinci; Menominasikan; Mendiagramkan;
Mengkorelasikan
Merasionalkan;
Menguji;
Mencerahkan; Menjelajah; Membagankan;
Menyimpulkan;
Menemukan; Memaksimalkan; Menelaah; Mengaitkan;
Memerintahkan; Memilih; Melatih; Mengedit;
Mentransfer.
|
Mengabstraksi;
Mangatur; Menganimasi; Mengumpulkan; Menciptakan;
Mengategorikan;
Mengode; Mengarang;
Menyusun;
Membangun;
Menanggulangi;
Mengombinasikan;
Menghubungkan; Mengkreasikan; Merencanakan;
Menciptakan;
Mengoreksi; Merancang; Meningkatkan; Memfasilitasi;
Mendikte;
Memperjelas; Membentuk; Merumuskan; Menggeneralisasi;
Menggabungkan;
Memadukan; Membatas; Mereparasi;
Menampilkan;
Memproduksi;
Menyiapkan;
Merekonstruksi.
|
Membandingkan; Menyimpulkan; Menilai; Mengarahkan; Mengritik;
Memvalidasi; Menimbang; Memutuskan; Memisahkan; Memprediksi;
Memperjelas; Menafsirkan; Mempertahankan;
Memilih;
Memerincikan; Membuktikan; Mendukung;
Mengetes;
Memproyeksikan.
|
1.
Knowledge, Kemampuan mengingat (misalnya: nama ibu kota, rumus).
2.
Comprehension, Kemampuan memahami (misalnya: menyimpulkan suatu paragraf).
3.
Application, Kemampuan Penerapan (Misalnya: menggunakan suatu informasi/ pengetahuan
yang diperolehnya untuk memecahkan masalah).
4.
Analysis, Kemampuan menganalisis suatu informasi yang luas menjadi bagian-bagian
kecil (Misalnya: menganalisis bentuk, jenis atau arti suatu puisi).
5.
Synthesis, Kemampuan menggabungkan beberapa informasi menjadi suatu kesimpulan
(misalnya: memformulasikan hasil penelitian di laboratorium).
6.
Evaluation, Kemampuan mempertimbangkan mana yang baik dan mana yang buruk dan
memutuskan untuk mengambil tindakan tertentu.
*)Untuk penyusunan soal,
sesuai dengan indikator yang telah disusun dalam silabus, hendaknya memiliki tingkat berpikirdari menengah sampai tinggi.
TABEL 3 : KKO RANAH AFEKTIF
Menerima
A.1
|
Menanggapi
A.2
|
Menilai
A.3
|
Mengelola
A.4
|
Menghayati
A.5
|
Memilih
Mempertanyakan
Mengikuti
Memberi
Menganut
Mematuhi
Meminati
|
Menjawab
Membantu
Mengajukan
Mengompromikan
Menyenangi
Menyambut
Mendukung
Menyetujui
Menampilkan
Melaporkan
Memilih
Mengatakan
Memilah
Menolak
|
Mengasumsikan
Meyakini
Melengkapi
Meyakinakn
Memperjelas
Memprakarsai
Mengimani
Mengundang
Menggabungkan
Mengusulkan
Menekankan
Menyumbang
|
Menganut
Mengubah
Menata
Mengklasifikasikan
Mengombinasikan
Mempertahankan
Membangun
Membentuk
pendapat
Memadukan
Mengelola
Menegosiasi
Merembuk
|
Mengubah
prilaku
Berakhlak
mulia
Mempengaruhi
Mendengarkan
Mengkualifikasi
Melayani
Menunjukkan
Membuktikan
Memecahkan
|
TABEL 4: KKO RANAH PSIKOMOTORIK
PENIRUAN
(P.1)
|
MANIPULASI
(P.2)
|
ARTIKULASI
(P.3)
|
PENGALAMAN
(P.4)
|
Mengaktifkan;
Menyesuaikan; Menggabungkan; Melamar;
Mengatur;
Mengumpulkan; Menimbang; Mengonstruksikan;
Memperkecil;
Membangun; Mengubah; Membersihkan;
Memposisikan.
|
Mengoreksi;
Mendemonstrasikan; Merancang; Mencampur;
Memilah;
Melatih; Memperbaiki; Membuat; Menempatkan;
Mengidentifikasikan;
Mengisi; Memanipulasi; Mereparasi.
|
Mengalihkan; Mengemas; Memutar; Menarik; Mendorong;
Memindahkan;
Mengirim; Memproduksi; Mengoperasikan;
Mencampur;
Membungkus; Menggantikan.
|
Mengalihkan;
Mempertajam; Membentuk; Memadankan;
Menggunakan;
Memulai; Menyetir; Menempel; Menimbang;
Menseketsa;
Melonggarkan; Menjeniskan.
|
Tabel 5: KKO, COGNITIF by Anderson
& Krathwohle:2001
Mengingat
(Remember)
C.1
|
Mengerti
(Understand)
C.2
|
Menerapkan
(Apply)
C.3
|
Menguraikan
(Analyze)
C.4
|
Menilai
(Evaluate)
C.5
|
Mencipta
(Create)
C.6
|
Mengenal/ identifikasi
Menghafal/ telusuri
|
Interpretasi
Eksemplifikasi
Klasifikasi
Merangkum
Inferensi
Komparasi
Eksplanasi
|
Melaksanakan
Implementasi
|
Diferensiasi
Organisasi
Dekonstruksi
|
Mengecek
Mengkritik
|
Menurunkan/berhipotesis
Merencanakan
Menghasilkan/membangun
|
KATEGORI PROSES
|
CONTOH
|
Remember
(mengingat)
|
(Memanggil
pengetahuan relevan dari memori jangka panjang)
Mengenal tanggal penting tertentu, Menghafal tanggal
penting tertentu
|
Understand
(mengerti)
|
(Membangun
makna dari pesan pembelajaran)
Mengubah
bentuk penyajian, klasifikasi, translasi
Menemukan
contoh spesifik, ilustrasi.
Mengelompokkan,
mengkategorikan
Berabstraksi,
generalisas.
Menyimpulkan,
interpolasi, ekstrapolasi, prediksi
Mengontraskan, memetakan, mencocokka.
Membangun hub. sebab akibat
|
Apply
(menerapkan)
|
(Menggunakan prosedur pada situasi tertentu.
Menerapkan suatu prosedur pada tugas umum.
Menggunakan suatu prosedur pada tugas khusus
|
Analyze
(mengurai)
|
(Menguraikan
bagian-bagian tertentu dan menentukan hubungan-hubungannya.
Membedakan,
memfokuskan, menyeleksi.
Memadukan,
menentukan, membuat struktur.
Menetapkan
bias/pandangan/nilai/perhatian
|
Evaluate
(menilai)
|
(Membuat
pertimbangan berdasarkan criteria dan standar)
mengkoordinasikan,
memonitor, menguji.
Menimbang/
mempertimbangkan
|
Create
(mencipta)
|
(Memasang
unsure-unsur untuk membentuk kesatuan yang fungsional; mereorganisasi
bagian-bagian pola/ struktur baru).
Mengusulkan
hipotesis berdasarkan criteria.
Menyusun
prosedur untuk melengkapi tugas
Menemukan
suatu produk
|
KARAKTERISTIK PENILAIAN KELOMPOK
MATA PELAJARAN
KELOMPOK MAPEL
|
MATA PELAJARAN
|
ASPEK YANG DINILAI
|
1. Agama dan Ahlak Mulia
|
Pendidikan Agama
|
Afektif dan Kognitif
|
2. Kewarganegaraan danKepribadian
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
Kognitif dan Afektif
|
3. Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
Pendidikan Jasmani , Olahraga dan
Kesehatan
|
Psikomotorik, Afektif dan Kognitif
|
4. Estetika
|
Seni Budaya
|
Afektif dan Psikomotorik
|
5. Ilmu Pengetahuan danTeknologi
|
Matematika, IPA, IPS, Bahasa dan
TIK
|
Kognitif, Afektif dan/atau
Psikomotorik sesuai karakter mata pelajaran
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar